Sabtu, 02 Februari 2013

Tips "Apa yang Harus Dilakukan Jika Belum Lahir"


Kok belum lahir juga ya? Tanggal perkiraan lahir sudah lewat, tapi kontaksi belum ada. Apa yang harus saya lakukan?


Idealnya persalinan terjadi di usia kehamilan 37-40 minggu. Tapi ada kalanya si kecil "betah" berada di dalam rahim, sehingga tak kunjung lahir meski sudah waktunya.Kenapa bisa lewat waktu?
Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa faktor penyebab kehamilan lewat waktu. Penyebabnya bisa datang dari calon ibu, misalnya kelainan pada mulut rahim, sehingga terjadi kekakuan dan sulit terjadi pembukaan. Penyebab lain bisa karena kesalahan perhitungan usia kehamilan.

Ketika usia kehamilan sudah masuk 40 minggu namun tanda-tanda persalinan belum muncul, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa kondisi plasenta dan cairan ketuban dengan USG, serta memantau kondisi janin dengan CTG. Lewat alat ini akan diperiksa detak jantung janin dan mencari tahu apakah janin masih reaktif. Jika janin tidak reaktif, apakah karena ia sedang tertidur atau memang karena kualitas plasenta sudah menurun atau cairan ketuban berkurang?

Lewat 40 minggu, atau jika hasil pemeriksaan menunjukkan telah terjadi penurunan fungsi plasenta, cairan ketuban, atau janin tak reaktif, maka harus segera mencari cara untuk mengakhiri kehamilan dan janin harus segera dikeluarkan. Upaya yang dilakukan adalah induksi untuk merangsang pembukaan mulut rahim. Jika selama induksi ditemukan denyut jantung janin semakin melemah atau janin menjadi tidak reaktif, induksi harus dihentikan dan persalinan akan dilakukan secara Caesar.

Dari: Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar